5 Alasan Memilih OS Linux

Linux merupakan sistem operasi yang memiliki sifat multi user dan juga multi tasking. Linux multi user yang berarti bahwa linux tersebut dapat dimasuki oleh beberapa user bukan hanya satu user saja dalam waktu yang sama dan juga menggunakan aplikasi yang beda, sedangkan linux multi tasking berarti user yang masuk dalam linux bisa digunakan untuk mengeksekusi program yang lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan.

 

Berikut adalah 5 alasan mengapa harus memilih OS Linux :

1. Menginstal Linux tak berarti meninggalkan Windows Lho Sistem operasi Linux bisa diinstal pada komputer secara berbarengan dengan OS Linux, atau dual boot. Ditambah lagi, menginstal Linux juga bisa dilakukan menggunakan USB flash disk.

2. Pengaturan mudah Bayangan pertama kali yang muncul saat memikirkan Linux adalah penggunannya yang ribet. Namun jangan salah, seperti yang telah diungkapkan di atas, Linux saat ini bisa juga digunakan oleh para pemula. Ubuntu misalnya. Distro Linux yang satu ini didesain untuk para pemula lengkap dengan fitur-fitur seperti yang ada pada Windows.

3. Aplikasi yang dibutuhkan, semuanya tersedia Menggunakan Linux pun dibarengi dengan keberadaan aplikasi yang menunjang. Mulai dari keberadaan aplikasi Thunderbird untuk sarana email, LibreOffice untuk membuat dokumen, Evolution yang merupakan versi Linux dari Outlook, aplikasi edit foto GIMP dan lain-lain. Pengguna Linux pun dapat pula memakai aplikasi populer seperti Google Chrome, VLC Player, Dropbox, Skype ataupun Spotify. Dan jangan lupa, saat ini juga cukup banyak aplikasi yang bisa diakses secara online. Office Online dari Microsoft adalah salah satu contohnya.

4. Keamanan terjaga Dibandingkan Windows, pengguna Linux sangatlah kecil. Hal ini pun berdampak positif terkait keamanan data pada komputer. Jumlah hacker yang melakukan aksi isengnya di perangkat Linux pun sangat terbatas. Ditambah lagi, OS Linux merupakan sebuah sistem operasi yang didesain untuk keamanan.

5. Memakai Linux = mendukung komunitas open source Penggunaan Linux juga merupakan salah satu aksi dukungan terhadap komunitas open source. Hal ini pun bakal berdampak positif pada ketersediaan aplikasi-aplikasi gratis yang bisa digunakan secara bebas. Semakin banyak dukungan, tentu saja semakin banyak aplikasi gratis yang bakal dikembangkan. Suka yang namanya aplikasi gratis dan bukan bajakan kan?