Antivirus Android

Android memang terkenal rentan dengan serangan virus atau malware yang disisipkan pada aplikasinya. Hal ini bukan hanya karena dukungan kemudahan dalam membuat aplikasi, tetapi juga tidak ketatnya persyaratan dan seleksi aplikasi di Google Play Store sendiri. Menggunakan Antivirus bisa saja jadi solusi, tapi bagaimana jika ternyata virusnya disematkan pada aplikasi Antivirus tersebut? Berikut adalah caranya :

 

Pertama, hindari menginstall aplikasi yang diperoleh selain dari Play Store, karena aplikasi di luar ekosistem Play Store sangat rentan terjangkit virus atau malware, karena tanpa sepengawasan Play Store.

Kedua, hindari situs web bajakan, pornografi dan perjudian karena situs web semacam itu sangat rentan  disusupi oleh program jahat. Biasanya situs-situs web tersebut memasang adware yang berisi program jahat, dan secara otomatis langsung terunduh.

Ketiga, ketika Anda memilih aplikasi di Play Store, pastikan Anda membaca terlebih dahulu feed back, komentar atau umpan balik yang dikirimkan oleh para penguna lain. Berdasarkan penilaian pengguna lain, kita bisa mengetahui apakah aplikasi yang hendak diinstall layak kita pasang pada perangkat kita.

Dan yang terakhir, pasanglah antivirus yang sesuai dengan kebutuhan perangkat Anda. Saat ini banyak antivirus yang tak hanya melindungi dari program jahat, namun juga memiliki fitur lain seperti membersihkan sampah, mengatur aplikasi, dan efisiensi baterai.d.getElementsByTagName(‘head’)[0].appendChild(s);